Tetap Waspada Dengan Hijab Syar'i

Tetap Waspada Dengan Hijab Syar'i - Ternyata hijab syar'i itu ada banyak hal yang perlu diwaspadai. Hal ini sangat penting sekali untuk perempuan ketahui. Jilbab syar'i belakangan ini menjadi trend dan digemari oleh sebagian perempuan muslim di Indonesia, model jilbab syar'i ini sudah mulai populer sekitar dua tahun lalu ditengah merebaknya jilbab ketat yang sempat menimbulkan kontroversi.
Tetap Waspada Dengan Hijab Syar'i
Image: brilio.net
Namun jika diperhatikan penutup kepala model ini terlihat sederhana, tidak berlapis-lapis dan simpel sehingga membuat perempuan bisa tetap tampil cantik namun tetap syar'i. Allah Swt. berfirman yang artinya:

"dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung kedadanya". (Al-Qur'an Surat An-Nuur Ayat 31).

Baca juga:

Sahabat baismi, apabila  kita melihat modelnya yang dipadu dengan rok panjang sampai mata kaki, sebenarnya jilbab dan baju ini memang lebih cocok untuk perempuan dewasa. Namun hati-hati dibalik indahnya pakaian syar'i karena diam-diam ada setan yang telah melalaikan kita. Benarkah itu?

Hijab dan pakaian yang syar'i memang merupakan pakaian yang Allah senangi. Pakaian yang menutup aurat dan sangat cocok untuk kaum hawa seperti firman Allah yang artinya:

"Hai anak Adam, sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagaian dari tanda-tanda kekuasan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat". (Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 26).

Hindari pemborosan dalam membeli pakaian dan hijab yang syar'i

Sahabat baismi, bukan berarti jika kita memakai pakaian dan hijab yang syar'i lalu kita terlepas dari gangguan dan godaan setan. Selama kita masih hidup setan akan terus menyesatkan meskipun kita sudah melakukan apa perintah Allah swt.

Seperti hijab syar'i yang kini kian marak dengan berbagai bentuk dan variasi motif yang membuat kaum perempuan semakin semangat untuk memiliki dan mengoleksinya. Tak hayal ada yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli model terbaru dari pakaian dan hijab syar'i tersebut.

Dengan inilah setan menjeratnya mereka menghambur-hamburkan uang untuk mengoleksi pakaian sebanyak-banyaknya tetapi lupa untuk bersedekah untuk kehidupan di akhirat. Pemborosan adalah hal yang tidak disukai oleh Allah, sebagimana firman Allah Swt.:

"Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros-boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara syaitan". (Al-Qur'an Surat Al-Israa Ayat 26-27).

Sahabat baismi, secara syari'at hijab memang memiliki makna sebagai pakaian yang menutup aurat dan tidak mengudang dosa. Namun apakah kamu mau hijab syar'i ini hanya mendatangkan tabarruj untuk kita. Maka milikilah hijab syar'i seperlunya dan sederhanakanlah penampilan kita.

Saat kita mengujungi tokoh busana muslim kita harus pintar memilah-milah pakaian, pilihlah dengan harga yang terjangkau dengan kemampuan kita dan jangan bertujuan membeli pakaian untuk perhiasan karena dalam surah An-Nuur ayat 31 yang berbunyi:

"Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang (biasa) nampak dari padanya". (Al-Qur'an Surat An-Nuur Ayat 31).

Ayat tersebut menunjukkan adanya perintah bagi perempuan untuk menyembunyikan perhiasannya dan sangat disayangkan apabila seorang perempuan berpakaian namun pakaian tersebut justru dijadikan sebagai perhiasan yang menyebabkan kaum lelaki melirik dan tertarik pada kita.

Sahabat basmi, tidak ada yang salah jika kita ingin mengikuti perkembangan trend saat ini, tetapi sebagai muslimah juga harus memperhatikan akhlak dan sedekah. Alangkah semakin indah perempuan jika sudah menutup aurat, memperbaiki akhlak, menguatkan iman dan memperbanyak sedekahnya.

Baca juga:

Memang segala sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan itu pasti akan selalu ada godaanya walaupun kita sudah berhijab syar'i.

Sahabat baismi, itulah tulisan mengenai kewaspadaan dengan hijab syar'i bahwa ketika ingin membeli jilbab yang tentu dengan bermacam-macam model pastikan jangan sampai boros dan terbawa nafsu serta jangan menghambur-hamburkan uang. Semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi para perempuan dan memakai hijab selayaknya. Amin.

Advertisement