Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab

Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab - Hampir semua orang pernah mengalami masalah rambut rontok terlebih pada wanita dan ini merupakan salah satu masalah yang cukup menggangu. Penyebab rambut rontok sendiri cukup bermacam-macam.

Kerontokan rambut yang dianggap normal jika dalam jumlah yang sedikit. Namun jika berlebihan, kerontokan rambut dapat menyebabkan kebotakan.
Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Wanita Berhijab
Image: putriliagustina.wordpress.com
Nah sahabat baismi, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kerontokan rambut.

Baca juga:

1. Kehamilan dan persalinan

Pada saat hamil atau setelah melahirkan banyak wanita yang rambutnya rontok bahkan kerontokan terjadi dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah melahirkan sekitar tiga bulan kemudian, maka akan dapat terlihat bahwa adanya rambut rontok yang cukup parah.

Penyebab rambut rontok pada wanita ini terjadi secara alami hingga beberapa bulan kemudian maka rambut akan pulih dan tidak akan rontok lagi atau bisa masih rontok hanya dalam jumlah yang sedikit.

2. Gangguan hormon

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gangguan hormon Androgen dapat menyebabkan kerontokan rambut yang cukup parah. Selain gangguan hormon Androgen, gangguan hormon Estrogen juga menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut yang parah.

Hal ini terjadi saat Riolit kamu bekerja terlalu aktif atau malah tidak aktif sama sekali. Hal inilah yang menjadi penyebab kerontokan rambut yang cukup parah. Selain itu, pemakaian obat-obatan yang salah juga bisa menyebabkan kerontokan rambut terutama dari jenis obat yang berfungsi mencairkan darah.

Tidak hanya itu, penyakit juga dapat menyebabkan kerontokan rambut diantaranya adalah tipes, penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi vitamin A atau penyakit yang kekurangan berbagai zat penting. Ketengangan, tekanan jiwa atau stres dan gangguan lainnya juga bisa menjadi sebab terjadinya kerontokan rambut.

3. Penyebab rambut rontok wanita berhijab

Bagi wanita berhijab, rambut merupakan salah satu aurat yang harus ditutupi. Karena sering di tutup, rambut akan lembat serta kepanasan sehingga bisa menimbulkan kerontokan dan mengundang ketombe.

Pemakaian shampoo yang tidak tepat sering dikuncir atau langsung mengenakan jilbab segera setelah berkeramas tanpa mengeringkannya terlebih dahulu juga dapat membuat kerontokan rambut wanita berjilbab.

Rambut yang sering ditutupi jilbab bisanya mudah berkeringat dan sangat lembab terlebih jika wanita berjilbab ini mampunyai aktivitas yang sangat tinggi.

Sahabat baismi, berikut ini tips yang bisa digunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut.

1. Rajin memakai conditioner

Bagi wanita berhijab harus memastikan memiliki jadwal keramas yang teratur akan tetapi jangan setiap hari. Misalnya dua hari sekali, hal ini karena kamu setiap hari akan mengikis minyak alam yang dihasilkan kulit kepala untuk menlindungi rambut.

Selain menggunakan shampoo, pastikan untuk selalu memakai conditioner yang mampu menguatkan akar rambut dan membuat rambut menjadi lebih mudah diatur. Lakukan juga perawatan lainnya seperti memakai serum dan masker rambut.

2. Gunakan minyak alami

Sekali dalam seminggu sebaiknya luangkan waktu untuk merawat rambut menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Caranya cukup dengan mengoleskan minyak tersebut dari akar hingga ujung rambut lalu dibilas setelah didiamkan selama beberapa menit. Cara ini sudah terbukti ampuh sejak dulu dan dapat mengatasi rambut rontok. Dalam sebuh hadits telah disebutkan:

"Makanlah kalian buah zaitun, minyak zaitun, dan gunakan menggosok (mengoles) dengan minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi". (Hadits Riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah).

3. Istirahatkan rambut

Ketika sedang dirumah kita bisa mengistirahatkan rambut, membuka hijab untuk memberi kesempatan pada rambut untuk bernafas dan biarkan terurai. Dengan pengistirahatan rambut kita bisa mengurangi kelembaban kulit kepala yang menyebabkan kerontokan dan ketombe.

Baca juga:

Sahabat baismi, itulah penyebab dan tips mengatasi rambut rontok bagi wanita berhijab. Semoga tulisan diatas bermanfaat dan dapat kita terapkan. Amin.

Advertisement