Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Dan Bernilai Ibadah

Manfaat Menangis Untuk Kesehatan Dan Bernilai Ibadah - Sahabat baismi, pada dasarnya menangis sering kali disangkut pautkan pada kesedihan yang sedang dialami seseorang. Padahal orang menangis belum tentu ia sedang dirundung kesedihan atau pun masalah.

Bahkan dalam hal ini banyak orang merasa bahagia hingga ia meneteskan air mata dan tak jarang orang akan lebih merasa nyaman setelah ia menangis karena pada kenyataannya tangisan dianggap dapat menenangkan hati seseorang.
Manfaat Menangis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Serta Bernilai Ibadah
Image: makassartoday.com
Baca juga:

Namun dari hasil penelitian yang dilakukan di beberapa Universitas ternama luar negeri menyebutkan bahwa menangis memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dapat membunuh bakteri

Siapa yang menyangka bahwa seseorang yang menangis ternyata memiliki manfaat luar biasa seperti yang satu ini. Hal ini dapat terjadi karena air mata yang keluar dari mata kita mengandung cairan yang disebut dengan Lisosom dimana cairan ini dapat membunuh bakteri setidaknya hingga 95% bakteri yang tertinggal pada mata akibat aktivitas sehari-hari seperti menggunakan komputer atau yang berasal dari benda-benda lainnya.

2. Membantu penglihatan mata

Menangis juga dapat membantu penglihatan mata menjadi lebih terang dimana hal ini terjadi karena air mata akan mencegah mata mengalami Dehidrasi yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

3. Dapat mengeluarkan racun pada mata

Menurut pakar ahli biokimia William Frame menyebutkan bahwa air mata yang keluar dari tangisan akibat emosional mengandung racun maka dari itu racun yang terdapat pada mata akan dikeluarkan melalui air mata yang keluar atau yang disebut dengan tangisan.

4. Mengurangi stres

Dalam hal ini tentu tidak sedikit orang merasakan yang namanya stres dan biasanya dengan menangis akan sedikit mengurangi beban pikiran yang sedang dialami. Dimana hal ini terjadi karena air mata akan mengeluarkan hormon stres yang terdapat di dalam tubuh atau yang disebut dengan Endorfin, karena itulah mengapa jika seseorang yang memiliki masalah lalu menangis, dengan begitu pasti kita akan sedikit merasa lega dari sebelumnya.

5. Meningkatkan mood

Terkadang mood seseorang sering kali turun hingga ke level Depresi, maka dari itu cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menangis karena dengan menangis, air mata yang dihasilkan mengandung 24% protein Albumin yang dapat meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan dengan air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

#Menangis Bernilai Ibadah

Sahabat baismi, melihat beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan dari menangis tentu membuat kita semakin yakin bahwa Allah Swt. menciptakan air mata atau pun tangisan bagi setiap hamba-Nya memiliki keutamaan tersendiri.

Bahkan di dalam agama islam pun menangis dapat dikatakan sebagai hal yang bernilai ibadah. Namun bila menangis tersebut semata-mata karena takut kepada Allah Swt. bahkan Nabi Muhammad Saw. memerintahkan seluruh umat-Nya untuk menangis sebagaimana di dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. bersabda:

"Wahai para manusia! menangislah kamu sekalian karena Allah Swt. maka jika kamu belum bisa menangis, berusahalah untuk menangis". (Hidits Riwayat Abu Daud).

Sahabat baismi, sungguh banyak keutamaan dari menangis yang telah disebutkan di dalam hadits dan firman Allah Swt. Bahkan juga dikatakan bahwa mata yang menangis tidak akan tersentuh api neraka sebagaimana di dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. bersabda:

Baca juga:

"Ada dua buah mata yang tidak akan tersentuh api neraka; mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga di malam hari karena menjaga pertahanan kaum muslimin dalam (jihad) di jalan Allah". (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Sahabat baismi, demikianlah pemaparan mengenai manfaat menangis untuk kesehatan serta juga menangis yang bernilai ibadah. Hal ini telah kita ketahui apa yang sebenarnya manfaat menangis dan keutamaannya di dalam agama islam tersebut di atas. Semoga kita dapat selalu menangis terutama karena takut kepada Allah Swt. Amin Ya Rabbal'alamin.

Advertisement