Kalimat Yang Tidak Boleh Suami Ucapkan Saat Istri Menangis

Kalimat Yang Tidak Boleh Suami Ucapkan Saat Istri Menangis - sahabat baismi, wanita adalah makhluk yang sangat dimuliakan lagi berkedudukan tinggi disisi Allah dan Rasul-Nya, sampai-sampai hal-hal yang besar di dalam agama ini pasti kita akan selalu dikaitkan dengan wanita sehingga kita harus memuliakan istri kita.

Wanita senantiasa lebih mendahulukan perasaan dibandingkan dengan pikirannya sehingga tak jarang ia akan lebih mudah menangis dan mengalami kondisi emosional yang tak terduga.
Kalimat Yang Tidak Boleh Suami Ucapkan Saat Istri Menangis
Image: bantusebarkan.blogspot.com
Tak jarang suami dibuat kebingungan ketika sorang istri menangis. Lalu apa kalimat-kalimat yang sebaiknya dihindari suami saat istri menangis? Berikut penjelasannya.

Baca juga:

1. Sudahlah lupakan saja

Ini adalah perkataan yang tidak tepat di lontarkan pada wanita ketika dia sedang menangis. Wanita tidak perlu diberitahu kapan mereka harus melupakan kesedihannya. Setiap orang mengatasi kesedihan dan rasa dukanya dengan cara yang berbeda. Ada dan bisa dengan cepat menyelesaikan masalah tapi ada juga yang baru bisa melupakannya setelah berminggu-minggu.

Lama atau pun cepat rasa sedih itu pun akan berangsur-angsur hilang mengatakan hal seperti 'sudahlah lupakan saja' hanya akan membuatnya kesal dan justru lebih sulit rasa sedihnya itu hilang.

2. Masalahnya tidak seburuk itu

Wanita menangis karena ada hal yang sangat buruk menimpanya saat itu. Meskipun mungkin masalah tersebut dapat dilihat sepele di mata pria atau orang lain. Jika wanita sampai menangis pastilah karena kejadian yang tidak menyenangkan.

Mengatakan kalau masalahnya tidak terlalu buruk akan terkesan seperti meremehkan padahal mungkin itu adalah hal yang sangat penting baginya.

3. Tolong jangan menangis

Melarang wanita menangis saat ia merasa sangat sedih dan kita bilang berhenti menangis, sama saja kita mengatakan kalau dirinya sangat tidak stabil dan tangisannya itu mengganggu. Memintanya berhenti menangis justru akan membuatnya semakin berlinang air mata.

Cara terbaik menghadapi wanita menangis adalah membiarkannya tidak berhenti menangis dan mendengar curhatannya setelah ia menangis.

4. Reaksi kamu terlalu berlebihan

Mengucapkan kata-kata 'reaksi kamu terlalu berlebihan' ketika istri menangis bukan kalimat yang tepat untuk diungkapkan kepada wanita yang sedih atau pun yang sedang putus asa. Di dalam pikiran wanita, dia tidak pernah merasa reaksinya terlalu berlebihan terhadap apapun.

Jika dia sampai menangis, memang ada sesuatu yang sangat sentimentil baginya. Mengatakan reaksinya berlebihan akan membuatnya dianggap merasa bermasalah dengan kondisi mental.

Sahabat baismi, sebagai suami ada beberapa cara yang dapat dilakukan ketika menghadapi sang istri sedang menangis yaitu sebagai berikut.

1. Mau mendengarkan

Untuk menstabilkan perasaan sedihnya, istri perlu mengungkapkan perasaan dan unek-uneknya serta mau mendengarkan kegelisahan dengan tidak kasar selama proses curhat dan akan menjadi ladang pahala tersendiri.

2. Mau berhenti dari aktivitasnya dan meluangkan waktu

Saat istri sedih maka hampirilah, suami hendaknya meninggalkan sejenak aktivitas. Siapkan bahu untuk istri bersandar, tentunya ketika sedang bersedih sang istri ingin agar suaminya menunjukan bahwa sang suami mencintai dirinya.

Sang suami membutuhkan sang istri dan ingin sang istri tetap berada disampingnya. Pelukan seorang suami pada sang istri ketika bersedih akan dapat menenangkannya.

3. Mau meminta maaf dan menyatakan penyesalan

Ini bukan masalah siapa yang salah. Meminta maaf atau menyatakan rasa menyesal bukan berarti menunjukan memang suami benar-benar bersalah, malainkan menunjukan suami berlapang hati. Dengan meminta maaf, suami menunjukan kepeduliannya terhadap perasaan sang istri dan bahwa hatinya tidak enak telah membuat sang istri sedih dan terluka.

Ini semacam proses pemberian empati. Istri dari merasa perasaannya diakui, dihormati dan diperdulikan. Hal ini membantu menetralkan emosi istri yang sedang negatif. Ada poin plus yang dirasakan istri pada suami yang mau meminta maaf.

Bagi wanita, pria yang meminta maaf dan menyatakan penyesalan bukanlah berarti pria itu lemah tapi justru mengagumkan. Pria yang mau meminta maaf berarti dia adalah orang yang berjiwa besar.

Baca juga:

Sahabat baismi, itulah penjelasan mengenai kata-kata yang baik yang harus dihindari ketika istri sedang menangis. Sudah sepantasnya sebagai seorang suami untuk memuliakan istri dan memberikan rasa tentram dan ketenangan serta menjaganya sebaik mungkin. Nabi Muhammad Saw. bersabda:

"Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya, dan sebaik-baiknya kalian adalah yang paling baik akhlaknya terhadap istri-istrinya". (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Sebagai seorang suami hendaknya membiasakan diri berkata baik dengan selalu mengucapkan perkataan yang baik yang bisa membahagiakan pasangan. Seorang istri tidak boleh dihina, dicaci atau dikatakan kepadanya perkataan yang buruk. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Advertisement