Mitos Pada Bayi Sebelum 40 Hari

Mitos Pada Bayi Sebelum 40 Hari - Banyak orang tua muda zaman sekarang yang suka mengajak bayi mereka bepergian ke tempat-tempat umum mesti usia si bayi masih sangat kecil. Padahal kepercayaan orang Indonesia yang sering kita dengar sebelum berusia empat puluh hari bayi tidak boleh diajak untuk keluar rumah. Lalu apakah anggapan itu benar?
Mitos Pada Bayi Sebelum 40 Hari
Image: babatpost.com
Baca juga:

Tidak ada bukti ilmiah mengenai kapan bayi yang baru lahir diperbolehkan keluar rumah tetapi dengan segala pertimbangan, usia tiga hingga empat bulan dianggap umur yang dinilai aman bagi si bayi untuk mulai bepergian, dan itupun dengan catatan jaraknya tidak terlalu jauh, tidak terlalu lama, dan menggunakan transportasi yang aman serta nyaman seperti mobil pribadi atau taksi.

Sahabat baismi, ada beberapa alasan yang mendasari larangan mengajak bayi keluar rumah sebelum usianya menginjak 40 hari. Berikut penjelasannya.

Agar Bayi Terhindar Dari Penyakit 'Ain

Seperti yang kita tahu, penyakit 'ain adalah penyakit yang berasal dari pandangan mata yang disertai sifat takjub maupun hasrat terhadap yang dipandang. 'Ain bisa berasal dari orang yang melukai orang soleh maupun orang jahat.

Selain itu, penyakit 'ain juga bisa menyebabkan bayi menjadi rewel tanpa sebab, susah gemuk bahkan menjadi sakit-sakitan, dan bahkan ada banyak hadits yang menyebutkan yang salah satunya dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

"'Ain itu benar adanya, andaikan ada sesuatu yang dapat mendahului takdir maka 'ain akan mendahuluinya, dan apabila kalian diminta mandi (untuk mengobati orang yang kalian timpakan penyakit 'ain) maka mandilah". (Hadits Riwayat Muslim).

Agar Tidak Tertular Penyakit

Pada kenyataannya kekebalan bayi yang baru lahir masih belum sempurna sehingga rentan tertular penyakit. Pada hal seperti kita tahu disekitar rumah banyak sekali polusi mulai dari asap rokok, polusi udara, kuman, bakteri penyakit, dan lain sebagainya yang siap mengancam kesehatan sang bayi.

Agar Tidak Mengganggu Proses Menyusui

ini adalah fakta bagi sebagian ibu karena pada dasarnya bayi yang baru lahir sangat dianjurkan untuk diberi asi sesering mungkin. Jadi, alangkah merepotkannya jika sang bayi dibawa keluar rumah sebelum usia empat puluh hari, apalagi jika bayi diajak keluar ke tempat yang tidak ramah terhadap ibu menyusui, dan nantinya bayi akan rewel jika terlambat diberi asi.

Bayi Baru Lahir Sering Buang Air Kecil dan Buang Air Besar

Dalam hal ini biasanya bayi yang baru lahir memiliki frekuwensi buang air besar dan buang air kecil yang sangat tinggi, bahkan kira-kira sepuluh sampai dua puluh kali sehari. Selain itu bayi juga rentan sekali mengalami masalah ruang popok, tentu sangat lebih baik jika seorang ibu tidak bepergian keluar rumah dulu hingga siklus buang air besar dan buang air kecil pada bayi mulai normal.

Ibu Masih Dalam Masa Pemulihan

Ini juga termasuk fakta bagi sebagian ibu untuk tidak keluar rumah sebelum usia empat puluh hari. Setelah menjalani proses persalinan, umumnya ibu harus menjaga kondisi tubuhnya agar segera pulih apalagi banyak resiko komplikasi yang siap mengancam ibu setelah persalinan diantaranya infeksi, pendarahan, pembekuan darah, dan lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya para ibu banyak istirahat agar kondisinya segera sehat kembali.

Sahabat baismi, setelah mengetahui beberapa fakta yang menjadi alasan tersebut bukan berarti ibu tidak boleh pergi sama sekali dari rumahnya, karena pada dasarnya bayi boleh keluar rumah asalkan tujuannya jelas, misalnya menemui dokter untuk kontrol kesehatan, kemudian menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman untuk bayi, serta menggunakan pakaian yang nyaman untuk bayi, dan penuhi kebutuhannya seperti asi, popok, dan lainnya.

Baca juga:

Sahabat baismi, itulah penjelasan tentang mitos pada bayi sebelum berumur 40 hari. Semoga tulisan ini bermanfaat terutama bagi kaum ibu-ibu yang sedang mengandung agar ketika sang buah hati lahir nantinya untuk tidak membawanya keluar rumah sebelum empat puluh hari kecuali memang ada keperluan seperti yang sudah dijelaskan diatas, dan semoga tulisan ini dapat menambah ilmu kita. Amin.

Advertisement