Kiat Menjadi Wibawa Di Hadapan Anak

Kiat Menjadi Wibawa Di Hadapan Anak - Perubahan zaman yang begitu cepat kerap membuat para orang tua melupakan kewajibannya untuk mengajarkan hal baru kepada anak-anaknya secara langsung. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan lunturnya kewibawaan orang tua di hadapan anak-anaknya.

Hal ini terjadi karena anak lebih banyak menggunakan sosial media dan dunia internet untuk mendapatkan informasi pengajaran dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. Seharusnya di posisi ini kedua orang tua harus memiliki wibawa sehingga mereka dapat didengar oleh anak-anaknya.
Kiat Menjadi Wibawa Di Hadapan Anak
Image: kesekolah.com
Baca juga:

Sahabat baismi, ada beberapa cara agar bisa menumbuhkan wibawa orang tua di hadapan anak-anak. Berikut penjelasannya.

Saling Menghormati dan Menegakkan Hukum Allah SWT.

Beberapa perkara yang bisa diprioritaskan oleh kedua orang tua adalah memberikan wawasan kepada anak akan hak seorang ayah dan ibu. Tentu peran kedua orang tua disini sangatlah penting karena bertujuan untuk menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa taat kepada orang tua dalam hal yang makruf merupakan ketaatan kepada Allah SWT.

Seorang ibu memiliki suatu kewajiban untuk mendorong anaknya agar mereka bisa menaati ayahnya dan demikian sebaliknya. Firman Allah SWT. yang artinya:

"Beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua (ibu-bapak)". (Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 36).

Di dalam ayat tersebut telah dijelaskan bahwa anak-anak wajib diajarkan untuk selalu beribadah kepada Allah SWT. dan selalu berbuat baik kepada kedua orang tua, tentu dengan bantuan peran orang tua itu sendiri.

Jangan Saling Merendahkan Di Hadapan Anak

Sebaiknya, seorang suami janganlah merendahkan istri didepan anak-anaknya, jika seorang suami hendak membimbing sang istri sebaiknya lakukanlah diantara suami dan sang istri saja agar anak-anak tidak mengetahuinya.

Tidak hanya itu, janganlah seorang suami menjatuhkan wibawa dan kehormatan istri di hadapan anak-anaknya karena hal tersebut tentu berakibat pada tidak taatnya para anak terhadap orang tuanya sendiri.

Begitu pun sebaliknya untuk para istri jangan pernah merendahkan suami di hadapan anak-anak karena hal tersebut dapat membuat anak menjadi tidak menghormati kedua orang tuanya sendiri, dan sebisa mungkin kedua orang tua harus menutupi setiap masalah yang terjadi di dalam rumah tangga.

Seorang Istri Harus Taat Kepada Suami

Para istri hendaknya jangan sekali-kali membangkang kepada sang suami karena selain akan menjatuhkan wibawanya di hadapan anak hal ini juga akan berakibat pada gagalnya bahtera rumah tangga. Dan yang harus kita semua ketahui, membangkang terhadap suami sama sekali tidak akan menjadikan Allah SWT. ridho dan hal tersebut bukan pula bentuk dari ketaatan kepada Rasulullah SAW. Berikut Allah SWT. berfirman yang artinya:

"Laki-laki (suami) itu adalah pemimpin bagi kaum wanita (isteri), oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dan hartanya". (Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat 34).

Kedua Orang Tua Harus Selalu Bertakwa Kepada Allah SWT.

Kewajiban yang harus selalu dilakukan kedua orang tua hendaknya mereka selalu bertakwa kepada Allah SWT. baik dalam keadaan sendiri maupun ketika di hadapan orang banyak. Para orang tua diwajibkan banyak berdo'a untuk kebaikan anak-anaknya, karena sesungguhnya Allah SWT. akan menerima orang-orang yang bertakwa dan segera mengabulkan semua permohonan orang yang bertakwa. Sebagaimana firman Allah SWT. yang artinya:

"Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertakwa". (Al-Qur'an Surat Al-Maaidah Ayat 7).

Baca juga:

Sahabat baismi, demikianlah beberapa cara diatas untuk para orang tua agar menjadi wibawa di hadapan anak-anaknya. Semoga dengan cara-cara tersebut dapat mengubah pribadi kita semua untuk lebih baik lagi di hadapan anak-anak kita dan tentu juga dapat menambah keimanan kita pada Allah SWT. serta semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Advertisement