Benarkah Senyum Itu Ibadah?

Benarkah Senyum Itu Ibadah? - Memiliki wajah cantik dan rupawan seakan kurang sempurna jika tidak dihiasi dengan senyuman, karena baik kita sadari atau tidak, senyum rupanya mampu merubah umur atau kondisi hati seseorang, bahkan dengan tersenyum menunjukkan ekspresi wajah yang selalu ceria. Namun, pernahkan kamu mendengar tersenyum adalah ibadah? Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.
Benarkah Senyum Itu Ibadah?
Image: yesmuslim.blogspot.com
Baca juga:
Senyum sama dengan Sedekah

Sahabat baismi, mungkin sebelumnya kita sering berpikir bahwa sedekah itu berkaitan erat dengan harta benda seperti pemberian uang, pakaian atau apapun yang dapat langsung dinikmati oleh penerima dalam bentuk materi. Namun, ternyata tersenyum sama halnya dengan kita bersedekah.

Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda bahwa anak keturunan adam memiliki kewajiban untuk bersedekah setiap harinya sejak matahari mulai terbit, diceritakan seorang sahabat Rasulullah SAW. bahwa ia pernah bertanya kepada beliau "Jika kami ingin bersedekah, namun kami tidak memiliki apapun, lantas apa yang bisa kami sedekahkan, dan bagaimana kami menyedekahkannya?" Kemudian Rasulullah SAW. bersabda:

"Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah beramal makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukakan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menujukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah". (Hadits Riwayat Tirmidzi dan Abu Dzar).

Senyum merupakan Amal Kebaikan dan Ibadah

Sahabat baismi, senyum juga merupakan ibadah dan amal kebaikan yang tidak boleh kita remehkan. Sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

"Tersenyum ketika bertemu saudaramu adalah ibadah". (Hadits Riwayat TRimidzi, Ibnu Hibban, dan Baihaqi).

Maksud dari hadits tersebut yaitu dengan senyum setidaknya membuat orang lain merasa bahagia dan memberikan kebahagiaan ke dalam hati seoarang muslim merupakan amal yang besar pahalanya.

Sahabat baismi, senyum tak hanya menjadi ibadah dengan pahala yang besar, namun taukah kamu jika senyum mamilki berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuan dibutuhkan lebih sedikit otot wajah untuk membuat seseorang tersenyum dibanding cemberut.

Beberapa ahli menyatakan bahwa dibutuhkan empat puluh tiga otot untuk cemberut dan hanya tujuh belas otot untuk tersenyum. Selain itu senyum juga memberikan banyak manfaat lain bagi tubuh manusia. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Senyum dapat membuat orang lebih menarik dan terlihat lebih muda

Secara tidak sadar senyum dapat membuat seseorang lebih menarik. Hal ini dikarenakan ada faktor daya tarik tertentu dan membuat seseorang terlihat lebih baik dibanding mengerutkan kening, cemberut atau meringis. Kemudian otot-otot yang digunakan untuk tersenyum juga dapat membatu mengangkat wajah kita sehingga membuat orang tampak lebih muda, maka cobalah lebih sering tersenyum karena membuat merasa lebih muda dan lebih baik.

2. Senyum dapat menular dan mengubah suasana hati

Tersenyum dapat mengelabuhi tubuh sehingga dapat membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Maka apabila kita merasa sedih, cobalah untuk tersenyum. Dan tersenyum tak hanya mengubah hati seseorang, namun juga orang-orang yang berada disekitarnya karena dengan senyum dapat menular dan membawa kebahagiaan bagi orang lain.

3. Senyum dapat meredakan stres

Orang yang mengalami strees terlihat dari raut wajahnya. Namun jika kita sedang mengalami stres, tersenyumlah karena dapat mengurangi stres sehingga emosi lebih terkendali.

4. Senyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik dan ketika seseorang tersenyum, maka fungsi imun meningkat yang dapat membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penaykit seperti flu dan fileks.

5. Senyum dapat menghilangkan endorfin atau penghilang rasa sakit dan serptonin

Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuan ternyata senyum juga dapat menghilangkan rasa sakit dan dapat membuat seseorang marasa lebih baik dan menjadi obat yang alami.

6. Tersenyum dapat membuat orang terlihat sukses

Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri, sehingga dimanapun dia berada akan selalu menyenangkan untuk dilihat.

7. Senyum dapat membantu orang tetap positif

Senyum akan membuat seseorang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi rasa depresi, stres, dan rasa khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan jauh dari resiko penyakit.

Baca juga:
Sahabat baismi, demikianlah makna dari kalimat senyum adalah ibadah. Seperti yang kita ketahui bersama dengan tersenyum ternyata memiliki pahala yang besar dan serupa dengan bersedekah. Dan tak hanya itu, senyum juga dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebagai manusia banyak-banyaklah tersenyum agar kita mendapat pahala dari Allah SWT. serta memiliki tubuh yang sehat dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Advertisement