Berwudhu Dapat Menggugurkan Dosa Kecil

Berwudhu Dapat Menggugurkan Dosa Kecil - Kita sering kali mengabaikan amalan sholeh yang tampak remeh dan terfokus dengan ibadah-ibadah yang bernilai besar seperti sholat, haji, zakat, puasa dan ibadah-ibadah wajib yang memang pahala dan keutamaanya luar biasa.

Kita tidak tahu amalan-amalan mana yang kelak manjadi pemberat timbangan kita. Apakah amalan-amalan wajib kita? Apakah amalan-amalan yang memang banyak menjanjikan pahala berlipat? Kita tidak tahu karena kualitas amalan-amalan itu hanya Allah yang bisa menilai.
Berwudhu Dapat Menggugurkan Dosa Kecil
Image: a10mahira.blogspot.com
Baca juga:

Oleh karena itu Rasul mengingatkan agar kaum muslim tidak meremehkan perbuatan yang tampak remeh.

"Janganlah engkau menyepelekan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya senyuman tatkala bertemu dengan saudaramu". (Hadits Riwayat Muslim).

Siapa yang tahu justru dari amalan yang remeh itulah nasib kita di akhirat telah ditentukan. Karena jika engkau mengamalkannya dengan keikhlasan yang sempurna tanpa tendensi, tanpa pamrih maka nilainya sangat besar di sisi Allah dan bisa pula menghapuskan dosa-dosa kita yang bisa saja menghapuskan dosa besar jika keikhalasanya sempurna. Pesan Nabi Saw. dalam sabda-Nya:

"Selamatkanlah diri kalian dari neraka walau hanya melalui sedekah dengan sebelah kurma". (Hadits Riwayat Bukhari).

Tak ada manusia selain Nabi dan Rasul yang terbebas dari dosa, jika terhindar dari dosa besar maka pasti tidak akan luput dari dosa kecil, dan Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Tidak semua dosa harus diminta ampunkan secara khusus, akan tetapi dengan amal-amal sholeh tertentu otomatis dosa ini bisa dihapuskan dengan rahmat dan kasih sayang Allah Swt. dan amalan sholeh seperti ini sangat banyak jumlahnya dan sebagian besar sangat ringan dan mudah dilakukan.

Sahabat baismi, bersuci dengan wudhu tak hanya membersihkan kotoran yang menempel ditubuh, tapi ada manfaat luar biasa bagi amal ibadah kita bahwa wudhu bukan hanya menjadi syarat sahnya sholat, tapi dalam bersuci atau wudhu sebenarnya kita sudah memasuki areal ibadah. Artinya wudhu sendiri merupakan salah satu bentuk ibadah yang berpahala bahkan wudhu bisa menggugurkan dosa-dosa bersama tetesan air wudhu. Inilah yang disampaikan Rasulullah Saw. dalam sabda-Nya:

"Apabila seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu, lalu ia mencuci wajahnya maka akan keluar dari wajahnya semua dosa yang dilihat oleh matanya bersama tetesan air wudhu. Dan jika ia mencuci tanganya maka akan keluar semua dosa yang dilakukan oleh tangannya bersama tetesan air wudhu. Dan jika ia mencuci kakinya akan keluar dari kakinya semua dosa yang dilakukan oleh dua kakinya bersama tetesan air wudhu hingga akhirnya ia selesai berwudhu dalam keadaan bersih dari dosa". (Hadits Riwayat Muslim).

Dosa akibat pandangan yang tidak halal luruh dengan dibasuhnya wajah, dosa dari tindakan tangan yang tidak halal juga gugur dibasuh dengan air wudhu, dosa yang melibatkan kaki seperti melangkah menuju tempat-tempat yang tidak halal atau untuk melakukan hal-hal yang tidak halal Insya Allah  hilang bersma dibasuhnya kaki.

Para ulama menjelaskan bahwa yang luruh oleh wudhu hanya dosa-dosa kecil, sedangkan dosa-dosa besar diperlukan taubat khusus. Istilah dosa kecil tentu tidak dimaksudkan meremehkan dosa-dosa tersebut.

Dalam Alqur'an dan Hadits sendiri tidak ditemukan istilah dosa besar dan kecil. Penamaan dosa kecil hanya ketika dibandingkan dengan dosa-dosa yang lainnya, bahkan dosa kecil yang dilakukan terus menerus juga bisa berubah menjadi dosa besar.

Dalam menjelaskan hadits tersebut para ulama juga mengatakan air saja tentu tidak cukup untuk membersihkan dosa. Seorang yang sedang berwudhu juga harus menghadirkan keikhlasan, niat ibadah, dan melakukan wudhu sesempurna mungkin sehingga wudhunya benar-benar memenuhi syarat untuk diampuninya dosa-dosa.

Selain itu ada keistimewaan luar biasa dari ibadah wudhu ini, kelak di akhirat ketika seluruh umat manusia dikumpulkan menjadi satu dari umat Nabi Adam 'Alaihissalam hingga umat Nabi terakhir tentu tidak mudah membedakan mana umat Muhammad Saw. Inilah yang juga menjadi pertanyaan para sahabat Nabi Saw. kapada Rasul Saw. bagaimana nanti di akhirat Rasul bisa membedakan mana umatnya atau bukan. Rasulullah Saw. menjawab:

"Tahukah kalian bila seseorang memiliki kuda yang berwarna putih pada dahi dan kakinya diantara kuda-kuda yang berwarna hitam yang tidak ada warna selainnya, bukankah dia akan mengenali kudanya? Para sahabat menjawab: "Tentu wahai Rasulullah". Rasulullah berkata: "Mereka (umatku) nanti akan datang dalam keadaan bercahaya pada dahi dan kedua tangan dan kaki karena bekas wudhu mereka". (Hadits Riwayat Muslim).

Baca juga:

Sahabat baismi, itulah penjelasan mengenai berwudhu yang dapat menggugurkan dosa-dosa kecil. Semoga kita selalu berada dalam keadaan wudhu agar selalu terhindar dari dosa-dosa dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Advertisement