Inilah Keistimewaan Adzan

Inilah Keistimewaan Adzan - Adzan merupakan panggilan dari Allah SWT. bukan dari seorang muadzin dan setiap hari selama lima kali seruan adzan berkumandang di mesjid-mesjid. Adzan sering terabaikan bila kita selalu sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas yang kita lakukan sampai-sampai kita lupa untuk mengerjakan sholat.

Adzan memberitahukan bahwa akan masuknya waktu sholat agar semua ummat muslim yang tengah melakukan aktivitasnya untuk istirahat sebentar dan selanjutnya melaksanakan sholat secara berjama'ah.
Inilah Keistimewaan Adzan
Image: rabbanitour.com
Baca juga:

Adzan merupakan pemberitahuan yaitu kata seruan untuk memberitahukan akan masuknya waktu sholat Fardhu secara bahasa bermakna Al-Iklam yang berarti pengumuman atau pemberitahuan. Orang yang mengumandangkan adzan dinamakan Muadzin. Sebagaimana firman Allah SWT. yang artinya:

"Dan pengumuman dari Allah dan Rasul-Nya kepada ummat manusia di hari haji akbar bahwa Allah dan rasul-Nya berlepas diri dari kaum musyrikin". (Al-Qur'an Surat At Taubah Ayat 3).

Adapun secara syar'i adzan adalah pemberitahuan masuknya waktu sholat dengan lafadz-lafadz yang khusus. Ibnu Mulakim Rahimahullah berkata para ulama menyebutkan empat hikmah adzan, menampakkan syiar islam, menegakkan kalimat tauhid, pemberitahuan masuknya waktu sholat, dan seruan untuk melakukan sholat berjama'ah.

Keutamaan Adzan

Adzan memiliki keutamaan yang besar sehingga andai saja orang-orang tahu keutamaan pahala yang didapat dari mengumandangkan adzan pastilah orang-orang akan berebutan untuk menjadi muadzin, bahkan kalau perlu mereka melakukan undian untuk sekedar bisa mendapatkan kemuliaan itu. Dan salah satu tanda sempurnanya syari'at islam ialah memberi dorongan kepada ummatnya untuk melaksanakan ibadah dengan menyebutkan keutamaan ibadah tersebut.

Begitu pula dengan adzan, banyak riwayat Rasulullah SAW. yang menjelaskan tentang keutamaan adzan dan orang yang menyerukan adzan atau muadzin. Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu menceritakan bahwa Rasulullah SAW. bersabda:

"apabila diserukan adzan untuk sholat, syaitan pergi berlalu dalam keadaan ia kentut hingga tidak mendengar adzan. Bila muadzin selesai mengumandangkan adzan, ia datang hingga ketika diserukan iqamat ia berlalu lagi...". (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu juga ia mengabarkan sabda Rasulullah SAW. yang artinya:

"seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya...". (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Muadzin orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat

Menurut ulama, panjang leher ialah orang yang paling banyak pahalanya, paling banyak mengharapkan ampunan dari Allah, paling bagus balasan amal perbuatannya dan orang yang paling dekat dengan Allah.

Para ulama juga berpendapat tentang makna orang yang paling panjang lehernya. Menurut Yunus bin Kubai, muadzin ialah orang yang paling dekat dengan Allah. Ada juga yang berpendapat bahwa para muadzin akan menjadi para pemimpin dan orang arab biasanya menyebut pemimpin sebagai seorang yang paling panjang lehernya.

Hudzail bin Iyadh menerangkan para muadzin menjadi orang yang paling cepat dan dahulu memasuki syurga. Muawiyah Radhiyallahu 'anhu berkata aku pernah mendengar Rasulullah SAW. bersabda:

"para muadzin adalah orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat". (Hadits Riwayat Muslim).

Sahabat baismi, menjadi seorang muadzin adalah sebuah jabatan yang mulia dan mendapat banyak pahala karena adzan merupakan pemberitahuan kepada manusia bahwa waktu sholat telah tiba sekaligus mengingatkan dan mengajak mereka yang tengah sibuk dengan pekerjaannya dan aktivitasnya agar beistirahat sebentar untuk memenuhi seruan adzan menunaikan sholat berjama'ah.

Wajar jika kelak para muadzin memiliki posisi terhormat karena amalanya itu dan seharusnya manusia memandang bahwa menjadi muadzin adalah sebuah kemuliaan.

Baca juga:

Sahabat baismi, sekarang kita sudah mengetahui tentang pengertian keistimewaan adzan, muali dari mengingatkan serta memberi tanda akan datangnya waktu sholat dan selalu membuat kita ingat akan Allah SWT.

Begitu besar keistimewaan adzan, semoga kita dapat menjadi orang-orang yang suka mendengarkan adzan dan juga menunaikan ibadah sholat lima waktu dan semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua. Amin.

Advertisement