Tips Dan Trik Agar Tetap Fit Ketika Berpuasa

Tips Dan Trik Agar Tetap Fit Ketika Berpuasa - Siapa yang tidak gembira menyambut datangnya bulan puasa, semua umat muslim menenangkan hati dalam do'a dan beramai-ramai melimpahruahkan kegembiraannya dalam rajin beribadah.

Seperti yang kita ketahui di bulan ramadhan ini memang merupakan bulan yang segala sesuatunya dilipat gandakan baik sikap kita, perbuatan kita, bahkan dalam ibadah kita.
Tips Dan Trik Agar Tetap Fit Ketika Berpuasa
image: www.dream.co.id
Baca juga:

Namun sering kali dalam beribadah puasa kita lupa akan betapa pentingnya untuk tetap beraktivitas karena rasa haus dan dahaga yang berlebih terkadang membuat tubuh kita menjadi lemas sehingga kita ingin sekali terus tidur dan beristirahat seharian bahkan hingga datangnya waktu magrib.

Pola makan sahur yang kurang baik dan benar memang bisa menjadi pemicu tidak fitnya ketika berpuasa dan yang paling penting dimana ketika sahur kita perlu memiliki asupan yang banyak agar dapat menjalani aktivitas di siang harinya, tapi sebenarnya itu adalah cara yang salah karena kalau kita makan sahur secara berlebihan justru kita menjadi tidak produktif di siang harinya.

Lantas, adakah tips and trik dalam islam agar puasa kita berjalan lancar, aktivitas tetap terjaga dan ibadah pun tetap jalan?

Sahabat baismi, bagi orang yang bekerja di siang hari memang memerlukan asupan makanan yang cukup tapi lain halnya jika sudah masuk di bulan ramadhan, selama berpuasa metabolisme tubuh dapat menurun sehingga dapat menimbulkan rasa lemas dan lelah yang lebih dari biasanya. Namun, ada beberapa rencana yang bagus agar kita bisa tetap fit selama berpuasa.

Menjaga pola makan yang baik dan benar

Bersama-sama menyantap makanan dengan keluarga atau teman memang salah satu momen yang penting selama bulan ramadhan, tapi bukan berarti kita harus banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Ketika sahur, coba konsumsi makanan yang dapat menambah energi untuk bertahan sepanjang hari seperti sayuran dan buah, nasi merah yang berhubungan dengan gandum serta produk susu yang rendah lemak.

Kemudian ketika sudah masuk waktunya berbuka terkadang kita suka lapar mata atau ingin membeli atau memakan apa saja makanan yang ada, tapi padahal dengan keadaan perut yang lapar maka kita jadi tergoda untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat manis dalam jumlah yang banyak, tapi justru pola makan yang tidak tepat seperti ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman di lambung.

Tetaplah produktif ketika berpuasa

Rasa yang tidak nyaman di siang hari yang ditimbulkan oleh pola makan yang tidak tepat dapat membuat kita menjadi orang yang tidak produktif dan tidak semangat di siang hari, tentu tidak mau bukan terlihat seperti orang tidak bersemangat.

Sahabat baismi, bekerja juga merupakan sebuah ibadah bahkan bagi setiap muslim yang bekerja untuk mencari nafkah merupakan sebuah kewajiban, maka dari itu ada hadits yang di riwayatkan Umar bin Khatab yang mengatakan bahwa beribadahlah seakan-akan esok kematian menjemput dan bekerjalah sekerasnya seakan-akan hidup seribu tahun lagi.

Begitu besarnya arti bekerja dalam islam karena bekerja dengan baik maka seorang muslim akan bisa mencukupi semua kebutuhan duniawinya dan berbanggalah serta bersemangatlah untuk tetap bekerja dan mencari rezeki karena itu merupakan bagian dari ibadah terutama di bulan suci ramadhan.

Disarankan juga untuk tidur yang cukup

Tidur adalah aktivitas yang paling di sukai oleh orang yang sedang berpuasa bahkan sampai-sampai ada pepatah yang bilang bahwa tidur ketika berpuasa adalah ibadah, tapi sebenarnya pepatah itu tidaklah benar karena selama berpuasa lebih baik beraktivitas dan menjadi orang yang produktif. Namun ingat juga bahwa kita membutuhkan waktu tidur yang cukup agar tetap fit dan segar di keesokan harinya.

Baca juga:

Berpuasa memang hal yang wajib bagi muslim terutama di bulan ramadhan, maka jagalah badan, fisik, dan hati kita ketika berpuasa karena selain menahan rasa lapar puasa juga dapat melatih emosi di diri kita.

Sahabat baismi, itulah penjelasan tentang tips dan trik ketika berpuasa agar tetap fit. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dan menjadikan kita sebagai orang yang tetap fit saat berpuasa. Aamiin.

Advertisement