Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur

Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur - Alhamdulillah kita masih bisa berpuasa di bulan ramadhan ini, dan hal yang berkaitan dengan bulan ramadhan salah satunya adalah sahur. Makan sahur merupakan salah satu sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang yang akan berpuasa.

Dan tidak hanya dalam puasa ramadhan wajib saja melainkan dalam puasa sunnah juga dianjurkan untuk sahur. Berbicara mengenai sahur, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur, sebab makanan jenis ini bisa saja mengganggu pencernaan jika dikonsumsi ketika makan sahur.
Jenis Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Saat Sahur
image: baismi.com
Baca juga:

Sahabat baismi, berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika makan sahur yang perlu kita ketahui.

1. Makanan yang sulit dicerna

Jenis makanan ini perlu dihindari karena akan membuat perut cepat kembung dan juga susah untuk buang air besar. Hal tersebut lebih jauh akan menyebabkan perut terasa perih, sering terasa mulas bahkan bisa menyebabkan diare dan tentu akan berdampak pada aktivitas puasa yang dijalankan.

2. Makanan yang dapat merusak lambung

Makanan jenis ini harus dihindari karena dapat merusak dinding lambung sehingga akan merasa perut perih dan sakit. Contohnya, makanan yang terlalu pedas, asam, makanan-makanan yang mengandung cuka dan berbumbu tajam.

3. Makanan berlemak

Makanan seperti gorengan dan makanan bersantan memang cukup nikmat, tapi makanan jenis ini sebaiknya dihindari ketika sahur karena bisa menyebabkan gangguan perut terlebih yang memiliki sakit mag.

Makanan ini bisa membuat cairan lambung naik sehingga membuat jadi mual dan rasa ingin muntah. Makanan yang berlemak jenuh bahkan bisa mengganggu penyerapan gizi pada bagian lambung dan usus halus sehingga bisa memunculkan rasa lapar di siang hari.

4. Makanan yang mengandung banyak gula

Ketika kita berbuka puasa, makanan dan minuman manis memang baik untuk di konsumsi karena lebih mudah diserap sebagai pengganti tenaga bagi tubuh yang seharian berpuasa. Namun lain halnya ketika sahur, makanan yang mengandung banyak gula justru lebih baik dihindari.

Kebutuhan gula dalam tubuh orang Indonesia biasanya sudah terpenuhi dengan makan nasi. Jadi apabila memakan makanan dengan gula berlebih justru bisa meningkatkan gula darah sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas.

Menghindari beberapa jenis makanan tersebut di atas Insya Allah dapat memberikan manfaat dalam menjalankan puasa.

Keutamaan Makan Sahur

Sahabat baismi, perlu diketahui bahwa sahur mempunyai keutamaan yang mencakup perkara rohani berupa menegakkan sunnah Rasulullah yang dapat mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya.

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa barokah makanan sahur secara nampak yaitu dengan kuatnya badan ketika berpuasa, menjadikannya rajin beribadah, menjadikannya termotivasi ingin menambah lagi amalan puasanya karena nampak ringan puasa baginya setelah makan sahur dan inilah makna yang benar dari makan sahur.

Seorang yang bangun sahur dapat berwudhu kemudian sholat malam kemudian mengisi waktunya dengan do'a, zikir, shalat malam, dan menyibukkan diri dengan ibadah lainnya hingga terbit fajar.

Akhir Waktu Sahur

Sahabat baismi, ada juga satu hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan makan sahur. Misalnya mengenai dengan mengakhirkan makan sahur di akhir waktunya selama tidak khawatir akan terbitnya fajar.

Sebagian orang justru bergadang dari awal hingga tengah malam lalu meninggalkan makan sahur. Perbuatan ini jelas-jelas menyelisihi sunnah karena makan sahur sangat ditekankan dan dianjurkan walau dengan makanan atau minuman yang sedikit.

Sebagian orang mengira bahwa ketika sahur wajib baginya untuk berhenti atau minimal mengira bahwa dianjurkan baginya berhenti sebelum waktu fajar tiba. Padahal Allah SWT. berfirman yang artinya:

"Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar." (Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 187).

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa akhir waktu makan dan minum adalah waktu subuh yang ditandai datangnya fajar.

Baca juga:

Sahabat baismi, demikian penjelasan tentang makanan yang sebaiknya dihindari ketika makan sahur. Semoga dapat memberi manfaat dan tambahan ilmu serta bisa membantu dalam kelancaran puasa kita di bulan ramadhan ini.

Share tulisan ini ke sosial media biar umat lain dapat mengetahui tentang jenis makanan yang perlu dihindari saat ketika makan sahur dan tetap semangat menyebarkan kebaikan. Aamiin.

Advertisement