Aamiin, Kata Yang Dapat Menebus Dosa

Aamiin, Kata Yang Dapat Menebus Dosa - Sholat merupakan salah satu kewajiban bagi kaum muslimin. Setiap muslim harus tahu tatacara sholat, baik niat, bacaan, maupun gerakan yang sesuai dengan ajaran Rasulullah.

Di antara amalan dalam sholat yang perlu diperhatikan dan sering dianggap remeh oleh sebagian kaum muslimin yaitu mengucapkan kata Aamiin dalam sholat. Tentang pentingnya ucapan amin ini, Imam Ibnul Qayyim Rahimahullah mengatakan : Mengucapkan 'Aamiin' atau 'Ta'min' adalah perhiasan sholat, seperti mengangkat kedua tangan merupakan perhiasan sholat, juga termasuk mengikuti sunnah dan mengagungkan perintah Allah.
Aamiin, Kata Yang Dapat Menebus Dosa
Image: yesmuslim.blogspot.com
Baca juga:

Sahabat baismi, dari ungkapan tersebut dapat kita ketahui bahwa Ta'min mengucapkan amin adalah perhiasan sholat. Namun, benarkah kata Aamiin dapat menebus dosa? Berikut paparannya.

Keutamaan Ta'min (mengucapkan amin dalam Sholat dan Do'a)

Ta'min adalah bahasa arab yang bermakna mengucapkan kata Aamiin setelah selesai membacakan surat Al-Fatihah dan ketika mendengar do'a dari orang lain agar do'a itu dikabulkan oleh Allah SWT. Namun kata Aamiin tidak sebatas hanya sebagai do'a tetapi juga memiliki banyak keutamaan, di antaranya menjadi sebab terampuninya dosa-dosa kita apabila mengucapkan kata Aamiin itu bersamaan dengan aminnya para malaikat.

Maka apabila imam mengucapkan kata Aamiin, maka ucapkanlah kata amin secara bersamaan dengan imam karena itu akan menghapus dosa-dosa yang telah berlalu. Penyebab terkabulnya do'a apabila kita mengucapkan kata amin baik di dalam sholat maupun di luar sholat.

Hukum membaca Aamiin setelah Al-Fatihah di luar Sholat

Saat kita sedang membaca surat Al-Fatihah di luar sholat di syari'atkan untuk membaca Aamiin setelahnya karena kata amin harus diucapkan apabila kita selesai membaca surat Al-Fatihah. Ibn Al-Humam mengatakan bahwa harus mengucapkan 'Aamiin' setelah membaca Al-Fatihah.

Secara muthlak, kita harus mengucapkan kata amin di dalam sholat maupun di luarnya dan oleh karenanya Ibnul Qayyim Rahimahullah juga menyatakan para sahabat-sahabat kami Ulama Bazaq Safiah mengatakan di sunnahkan hal itu pada orang yang membacanya di luar sholat dan lebih ditekankan lagi pada orang yang tengah mengerjakan sholat, baik sendirian sebagai imam atau pun sebagai makmum dan dalam segala keadaan.

Hukum membaca Aamiin setelah Al-Fatihah di dalam Sholat

Saat kita melakukan ibadah sholat juga termasuk dalam sunnah karena di antara amalan dalam sholat yang perlu diperhatikan dan sering dianggap remeh oleh sebagian kaum muslimin yaitu mengucapkan kata Aamiin dalam sholatnya.

Ucapan Aamiin bagi Imam

Dalam mengucapkan kata amin bagi imam, sebagian ulama memiliki pendapat yang berbeda. Mayoritas para ulama memandang itu sebagai yang di syari'atkan dalam agama membaca amin, tetapi beda dengan pendapat dari Imam Abu Hanifah Rahimahullah, beliau memandang imam di syari'atkan membacanya bahkan menurut beliau yang di syari'atkan adalah makmum.

"Apabila imam mengucapkan 'Aamiin' maka ucapkanlah 'Aamiin', karena siapa yang ucapan aminnya berbarengan dengan ucapan amin para malaikat maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (Haidts Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu).

Kesempurnaan sholat berjama'ah salah satunya ialah terpenuhinya shaf-shaf para makmum karena dengan demikian sholat yang dijalani lebih khusyuk.

Ucapan Aamiin bagi Makmum

Mengucapkan kata amin bagi para makmum yang tengah dalam keadaan sholat setelah imam membaca surat Al-Fatihah terbagi menjadi 5 pendapat para ulama yang mengatakan yaitu:
  1. Pendapat Mayoritas Ulama yang memandang makmum di syari'atkan mengucapkan Aamiin secara muthlak dalam sholat syiriah dan sholat jariah.
  2. Pendapat Imam Malik Rahimahullah yang memandang makmum di syari'atkan mengucapkan Aamin dalam sholat syiriah dan sholat jariah apabila mendengar imamnya membaca.
  3. Pendapat sekelompok ulama yang memandang tidak di syari'atkannya secara muthlak dalam sholat syiriah dan sholat jariah.
  4. Pendapat Imam Syafi'i Rahimahullah dalam memandang makmum tidak di syari'atkan mengucapkan Aamiin apabila imam telah mengucapkannya dengan jelas.
  5. Pendapat Imam Abu Hanifah Rahimahullah yang memandang tidak di syari'atkan dalam sholat syiriah walaupun makmum mendengar imam mengucapkan Aamiin.

Dari kelima pendapat ini yang shahih adalah pendapat Mayoritas Ulama karena dalil mereka kuat di antaranya hadits-hadits yang memerintahkan makmum mengucapkan amin juga sabda Rasulullah SAW.

"Apabila kalian sholat maka luruskanlah barisan kalian kemudian hendaknya salah seorang kalian menjadi imam, apabila imam bertakbir maka kalian bertakbir dan bila mengucapkan "ghairil maghdhuub bii'alahim walaadh-dhaaliin" maka ucapkanlah "Aamiin", niscaya Allah mengabulkannya". (Muttafaqun 'alaihi).

Ucapan Aamiin bagi Orang yang Sholat Sendiri

Dalam hakikatnya, Rasulullah SAW. menganjurkan kita untuk melaksanakan sholat secara berjama'ah. Adapun alasan yang menjadikan sholat berjama'ah menjadi penting karena kita dapat untuk bersilahturahmi, tetapi tidak dapat dihindari terkadang terdapat suatu kondisi yang mengharuskan kita melaksanakan sholat sendirian.

Dalam keadaan kita tengah sholat sendirian, mengucapkan kata Aamin terbagi menjadi dua pendapat para ulama, yakni Mayoritas Ulama mensyari'atkan orang yang sholat sendiri mengucapkan Aamiin. Imam Malik Rahimahullah dalam salah satu riwayatnya memandang tidak di syari'atkan dalam sholat sendirian.

Pendapat yang shahih dalam hal ini adalah pendapat Mayoritas Ulama karena kuatnya dalil mereka di antaranya adalah hadits Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu yang berbunyi:

"Sesungguhnya Rasulullah SAW. bersabda, "Apabila salah seorang dari kalian mengucapkan Aamiin dan malaikat di langit juga mengucapkan Aamiin lalu saling berbarengan maka diampuni dosanya yang telah lalu"". (Muttafaqun 'alaihi).

Baca juga:

Sahabat baismi, demikianlah penjelasan tentang kata Aamiin yang bisa menghapus dosa-dosa kita dan menambah akan pahala kita.

Semoga dengan tulisan ini kita tidak akan lupa dan selalu mengucapkan kata Aamiin dalam segala aktivitas yang kita jalani dan bukan hanya saat membaca surat Al-Fatihah saja dan semoga kita semua diampuni dosa-dosa yang telah lalu dan selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT. Aamiin.

Advertisement