Nama Yang Disukai Oleh Allah SWT.

Nama Yang Disukai Oleh Allah SWT. - Nama adalah hadiah terindah yang diberikan oleh orang tua untuk anaknya. Tidak ada orang tua yang menginginkan nama anaknya jelek, semua nama yang diberikan pasti memiliki arti yang bagus, namun sangatlah berarti bagi seorang mukmin.

Rasulullah SAW. menyebutkan-Nya dengan Al Ismu Do'a yang berarti nama itu adalah Do'a. Lantas bagaimana nama yang disukai oleh Allah SWT.? Berikut penjelasannya.
Nama Yang Disukai Oleh Allah SWT.
Image: id.theasianparent.com
Baca juga:

Nama yang Disukai Allah

Sahabat baismi, dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan kitab shahihnya dari Ibnu Umar Radhiyallahu 'anhu dari Nabi SAW. Beliau bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya nama yang paling dicintai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman". (Hadits Riwayat Muslim).

Dalam hadits jelas dikatakan bahwa nama yang sangat disukai oleh Allah SWT. ialah Abdullah dan Abdurrahman. Bukan hanya itu, dalam sebuah riwayat lain juga diceritakan nama tersebut adalah nama terbaik, sampai-sampai dikalangan para sahabat terdapat sekitar 300 orang yang bernama Abdullah.

Dalam sebuah riwayat juga diceritakan, Nabi SAW. sendiri pernah menamakan nama anak sahabat-Nya dengan nama Abu Musa Radhiyallahu 'anhu dan Beliau juga menamakan anak Abdullah bin Salam dengan nama Yusuf.

Adapun hadits tentang keutamaan orang yang bernama Ahmad atau Muhammad tidak ada yang shahih, Ibnu Mutasir Al Baghdadi menyusun sebuah kita tentang keutamaan orang yang bernama Ahmad atau Muhammad dan pada kitab tersebut beliau menyertakan 26 hadits yang tidak shahih.

Memberi Nama Bayi dengan Nama-nama Nabi

Sahabat baismi, para ulama telah sepakat akan dibolehkannya memberikan nama anak dengan nama menggunakan nama para Nabi seperti yang telah diriwayatkan dari Yusuf bin Abi Salam, beliau berkata yang artinya:

"Rasulullah SAW. memberikan nama kepadaku Yusuf". (Hadits Riwayat Bukhari, At Tirmidzi dalam Asy-Syama'i).

Dalam hadits dijelaskan bahwa Rasulullah SAW. mengizinkan untuk memakai nama Nabi dalam menamai anak dan seutama nama para Nabi yang paling mulia ialah nama Nabi dan Rasul kita Muhammad bin Abdullah SAW. Lalu, bagaimana dengan nama yang tidak diperbolehkan dalam islam?

Nama yang tidak Diperbolehkan dalam Islam

Sahabat baismi, nama yang tidak dibolehkan dalam islam ialah Abul Qasim karena nama ini hanya boleh digunakan oleh Rasulullah SAW. dan setidaknya ada tiga hadits yang menjelaskan hal tersebut, diantaranya hadits riwayat Annas bin Malik Radhiyallahu 'anhu, beliau berkata yang artinya:

"Seseorang menyapa temannya di Baqi: hai abul qasim! Rasulullah SAW. berpaling kepada si penyapa. Orang itu segera berkata: ya Rasulullah SAW. Aku tidak bermaksud memanggilmu, yang kupanggil adalah si fulan. Rasulullah SAW. bersabda: kalian boleh memberi nama dengan namaku, tapi jangan memberikan julukan dengan julukanku". (hadits Riwayat Muslim)

Meneruskan hadits tersebut, Jabil bin Abdullah Radhiyallahu 'anhu beliau juga berkata yang artinya:

"Seseorang di antara kami mempunyai anak, ia menamainya dengan nama Muhammad. Orang-orang berkata kepadanya: kami tidak akan membiarkanmu memberi nama Rasulullah SAW. orang itu berangkat membawa anaknya yang ia gendong di atas punggungnya untuk menemui Rasulullah SAW. setelah sampai di hadapan Rasulullah SAW. ia berkata: ya Rasulullah! anakku ini lahir lalu aku memberinya nama Muhammad. tetapi, orang-orang berkata kepadaku: kami tidak akan membiarkanmu memberi nama dengan nama Rasulullah SAW. Rasulullah SAW. bersabda: kalian boleh memberikan nama dengan namaKu, tetapi jangan memberikan julukan dengan julukanKu. karena, Akulah qasim. AKU membagi di antara kalian". (Hadits Riwayat Muslim).

Sahabat baismi, dalam hadits jelas dikatakan bahwa kita sebagai umat muslim dibolehkan untuk menggunakan nama Muhammad asalkan tidak menambahkan julukan-julukan yang dimiliki oleh baginda Rasulullah SAW., Rasul dan lain sebagainya.

Baca juga:

Jadi, nama yang sangat disukai oleh Allah SWT. ialah Abdullah dan Abdurrahman, bukan berarti nama yang kita miliki sekarang ini tidak baik karena sesungguhnya bukan namalah yang menjadi tolak ukur kita hidup di dunia, akan tetapi amal ibadah kitalah yang nantinya akan diperhitungkan oleh Allah SWT.

Sahabat baismi, itulah penjelasan mengenai nama-nama yang disukai oleh Allah SWT. semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita dalam memberi nama kepada anak-anak kita kelak nantinya dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Advertisement