Hikmah Dibalik Wanita Mengandung

Hikmah Dibalik Wanita Mengandung - Kehamilan merupakan anugerah terindah bagi seorang wanita karena dipercaya Allah SWT. untuk menjaga amanah-Nya, rasa bahagia pun kian terpancar dari aura sang calon ibu karena dalam hitungan bulan akan memiliki buah hati dalam mahligai rumah tangganya.

Namun, sayangnya ada pula di antara para wanita hamil yang tidak bahagia dengan kehamilannya, ada yang merasa kehamilan telah membuat bentuk tubuhnya berubah dan merasa terbebani serta tak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari sehingga terpikir untuk melakukan tindak aborsi.
Hikmah Dibalik Wanita Mengandung
Image: mediainformasiislam.net
Baca juga:

Allah SWT. Mencintai Wanita Mengandung dan Melahirkan

Sahabat baismi, tahukah kamu, dibalik titipan Allah SWT. di rahim para wanita ternyata banyak hikmah yang terkandung di dalamnya karena wanita yang mengandung dan melahirkan termasuk tujuan agama yang dicintai Allah SWT. yaitu memperbanyak keturunan yang bertauhid dikalangan umat islam dan pengikut Rasulullah SAW. maka niat inilah yang seharusnya dimiliki oleh para wanita ketika ia mengandung.

Selain itu, wanita yang telah mengandung juga akan mendapatkan banyak manfaat seperti yang telah Allah SWT. janjikan untuknya. Dari Ma'qil bin Yasar ia berkata bahwa seseorang datang kepada Rasulullah SAW. dan bertanya, "Saya mendapatkan seorang wanita yang kaya dan cantik, akan tetapi ia tidak melahirkan atau mandur, apakah saya nikahi?", lalu Beliau menjawab, "Tidak". Kemudian ada orang kedua mendatangi-Nya, kemudian Beliau kembali melarangnya. Lalu datang lagi orang ketiga, maka Beliau pun bersabda yang artinya:

"Nikahilah (wanita) yang mempunyai penuh kasih sayang dan yang banyak melahirkan karena sungguh Aku bangga dengan banyaknya kalian di hadapan umat-umat lain". (Hadits Riwayat Abu Daud, Nasa'i).

Lalu, apa sajakah hikmah yang didapat bagi wanita yang telah mengandung? Berikut penjelasannya.

Hikmah Bagi Wanita Mengandung / Hamil

1. Menambah ilmu dalam mendidik anak

Manfaat bagi wanita mengandung adalah dapat menambah ilmu dalam mendidik sang anak, dimana hal itu merupakan proses yang paling penting apalagi berniat untuk mendidik anak dalam akhlak dan agamanya karena Allah SWT. semata

Selain itu menjadikan anak yang sholeh dan sholehah agar menjadi sedekah jariah setelah kematian kedua orangtuanya.

2. Mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.

Wanita mengandung akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. karena kesulitan yang dialami oleh ibu hamil baik letih, gangguan kesehatan maupun kejiwaan, semua itu terdapat balasan yang dicatat Allah untuk wanita hamil.

Selain itu seorang hamba muslim yang mengandung akan diberi pahala oleh Allah ketika terkena musibah yang menimpanya di dunia dan akan dihapuskan dosa-dosanya.

3. Mati syahid apabila meninggal saat melahirkan

Allah takdirkan kepada wanita yang meninggal dunia karena melahirkan, maka dia meninggal dalam kondisi syahid. Sebagaimana Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

"Dan wanita yang meninggal dunia karena melahirkan itu syahid". (Hadits Riwayat Abu Daud, dishahihkan oleh An-Nawawi di Syarh Muslim).

Adakah Ibadah Khusus Bagi Ibu Hamil?

Sahabat baismi, tentu juga kita pernah mendengar dan terdapat ibadah khusus yang harus dilakukan bagi ibu hamil. Namun ternyata dalam ajaran islam tidak ada dalil yang menjelaskan mengenai hal tersebut.

Jadi, apabila selama ini terdapat hadits yang menunjukkan bahwa wanita hamil mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa, melakukan jihad di jalan Allah maka semua itu adalah hadits dha'if dan tidak dihalalkan untuk diriwayatkan dan menyebarkannya.

Adapun ibadah yang memungkinkan untuk dilakukan ibu hamil adalah semua bentuk ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim dalam sehari semalam, baik sholat, puasa selagi tidak khawatir merasa lemah, sedekah, tilawah Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

Selain itu, ibu hamil juga dapat belajar metode tarbiah yang baik, mendengar ceramah bermanfaat dari para pakar pendidikan, baik dari sisi tarbiah, akhlak, kesehatan, kejiwaan maupun akademis, karena hal itu sebagai bekal dalam mendidik sang anak sehingga keduanya mendapatkan ridho Allah SWT. di dunia maupun di akhirat.

Baca juga:

Sahabat baismi, demikianlah penjelasan mengenai hikmah yang didapat oleh seorang wanita ketika mengandung, maka bersyukurlah bagi wanita yang dipercaya Allah SWT. untuk dititipkan amanah-Nya dengan menjaga sebaik mungkin dan mengharap ridho Allah SWT.

Semoga tulisan ini dapat menambah ilmu dan wawasan kita serta memberi manfaat bagi ibu kita pada umumnya dan manfaat yang paling berguna khususnya bagi wanita mengandung. Amin.

Advertisement