Benarkah Ada Bidadari Tercantik Di Surga?

Benarkah Ada Bidadari Tercantik Di Surga? - Bidadari merupakan salah satu anugerah Allah kepada seorang lelaki yang memasuki surga. Bagi seorang wanita yang sholehah, maka bidadari bagi suaminya adalah dikalangan bidadari-bidadari karunia Allah dan istri sholehah merupakan ketua kepada segala bidadari-bidadari.

Sahabat baismi, konon ada kisah yang menceritakan bidadari paling cantik di surga. Lalu siapakah bidadari paling cantik tersebut? Berikut penjelasannya.
Benarkah Ada Bidadari Tercantik Di Surga?
Image: satujam.com
Baca juga:

Bidadari yang Diduga Paling Cantik adalah Ainul Mardhiah

Menurut cerita yang beredar, bidadari yang diduga paling cantik di surga adalah Ainul Mardhiah. Ainul Mardhiah disiapkan untuk orang yang berjihad atau berdakwah di jalan Allah SWT.

Diterjemahkan secara bahasa, Ainul Mardhiah berarti mata yang diridhoi atau dapat diartikan juga sebagai setiap yang melihatnya pasti akan menemukan keridhoan di hati.

Dalam sebuah riwayat diceritakan, ketika pagi hari di bulan ramadhan Nabi SAW. sedang memberikan tauhid atau semangat untuk berjihad kepada pasukan islam. Nabi SAW. pun bersabda "Sesungguhnya orang yang mati syahid karena berjihad di jalan Allah maka Allah akan menganugerahkannya Ainul Mardhiah bidadari paling cantik di surga".

Seorang sahabat yang masih muda, ketika mendengar cerita tadi pun menjadi penasaran akan kecantikan Ainul Mardhiah. Namun, karena malu kepada Nabi dan sahabat-sahabat lain, sahabat muda ini tidak jadi mencari tahu lebih dalam mengenai Ainul Mardhiah.

Saking penasarannya, dalam sebuah tidurnya sebelum berperang sahabat muda ini bermimpi. Di dalam mimpinya, ia merasa berada di tempat yang sangat indah dan belum pernah ia kunjungi sebelumnya. Lalu, ia pun bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik dan belum pernah ia lihat sebelumnya. Ia pun bertanya kepada wanita tersebut "Di manakah ini?", "Inilah surga" jawab wanita itu.

Kemudian sahabat muda ini bertanya lagi, "Apakah anda Ainul Mardhiah?", "Bukan, saya bukan Ainul Mardhiah, kalau anda ingin bertemu dengan Ainul Mardhiah, dia sedang berada di bawah pohon yang rindang itu" jawab wanita tersebut. Namun, tahukah sahabat baismi, nyatanya ini adalah riwayat dusta.

Kisah Ainul Mardhiah adalah Kebohongan Belaka, Riwayatnya Palsu

Kisah Ainul Mardhiah adalah kebohongan belaka, ini adalah riwayat palsu, mengapa? Karena di dalam riwayat tersebut terdapat Abdul Wahid bin Ziah, ia adalah seorang perawi yang tertuduh berdusta bahkan tidak ada satupun dalil yang shahih tentang siapa bidadari tercantik di surga, sehingga kita jangan sampai terlalu percaya mengenai kisah tersebut karena Rasulullah SAW. tidak pernah menyebut Ainul Mardhiah sebagai bidadari tercantik di surga dan tidak ada kisah mengenai sahabat muda yang bermimpi bertemu Ainul Mardhiah.

Sahabat baismi, dalam riwayat shahih Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

"Sesungguhnya istri-istri penduduk surga akan bernyanyi untuk suami-suami mereka, dengan suara yang sangat merdu yang tidak pernah didengar oleh siapapun. Sesungguhnya di antara bait-bait syair yang mereka nyanyikan adalah: Kami adalah wanita-wanita yang cantik jelita... Kami adalah istri-istri kaum yang mulia... yang melihat dengan bola mata-bola mata yang indah... Kami adalah wanita-wanita yang kekal abadi yang tak akan mati... Kami adalah wanita-wanita yang senantiasa aman dan tidak merasa takut... Kami adalah wanita yang menetap dan tidak akan berpindah tempat...". (Hadits Riwayat Ath-Thabrani dalam Al Mu'jamul Kabir, Shahih).

Dalam Al-Qur'an pun tidak pernah disebut mengenai bidadari tercantik, sebab semua bidadari itu cantik dan tak terbantahkan, tidak ada bidadari paling cantik atau pun bidadari yang tidak begitu cantik. Bahkan di dalam Al-Qur'an digambarkan bahwa bidadari seperti permata yakut dan marjan, para bidadari surga sungguh baik hati dan rupawan.

"Bidadari-bidadari itu (cantik berseri) seperti permata delima dan marjan". (Al-Qur'an Surat Ar-Rahman Ayat 58).

Para bidadari surga yang cantik jelita ini tidak pernah keluar dari rumah dan mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka atau penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka dan tidak pun oleh jin. Rasulullah SAW. bersabda yang artinya:

"Jika salah seorang bidadari menampakkan wajahnya niscaya ia akan menerangi langit dan bumi". (Hadits Riwayat Bukhari).

Baca juga:

Semoga kita tidak terjebak dalam hadits yang lemah dan palsu sehingga kita tidak terjerumus dalam kisah yang sebenarnya tidak ada.

Sahabat baismi, itulah penjelasan mengenai bidadari tercantik di surga, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada kenyataannya tidak ada dalil yang shahih tentang bidadari yang paling cantik di surga karena Rasulullah SAW. tidak pernah menyebutkan siapa bidadari tercantik di surga. Semoga tulisan ini bermanfaat ini bermanfaat dan menambah wawasan kita. Amin.

Advertisement